(View Original Web?)

KONGKO-KONGKO > KABAR-KABARI

Lagi Salah Satu Kecurangan Pegawai Spbu Punya Kendaraan? Wajib Masuk


(Page 1 of 1)





Malam sob, sehat? Mudah-mudahan selalu sehat dan selalu didalam lindungan-Nya ya

Oke sob langsung aja nih ane pingin cerita sedikit tentang kenakalan petugas spbu tertentu.

======

Jadi, ane emang ada temen kerja di spbu per**mina.
Dia share semua "cara main dapet uang lebih".

Salah satunya kasus yang benar yang ini:
Code:
http://m.kaskus.co.id/thread/526d0e5...ensin-di-spbu/
http://m.kaskus.co.id/thread/526d0e5aa2cb17277400000a/hati-hati-kecurangan-saat-mengisi-bensin-di-spbu/

Nah kasus diatas itu, argo nya langsung loncat.

Contoh dari 40.000 langsung ngejepret ke 50.000

==============

Kalau yang ini mungkin agan baru tau. Karena emang jarang banget yang tau kecurangan yang satu ini.

Penting nih, simak ya

======

Ane kan isi bensin didaerah abis keluar lingkar gentong bandung atau garut gitulah  Rp. 200.000

Dengan manisnya petugas bilang "dari nol ya"

Oke, ane keluar perhatiin argonya. Berjalan normal gak loncat-loncat kaya kasus diatas.

Tapi........

Argonya cepet banget, tjoy!

Argo tercepet yang pernah ane saksiin langsung selama isi bensin

Sontak karena pengetahuan ane dari temen ane yang kerja di per**mina tadi, ane langsung bilang:

"mas, speed 1 aja dan tolong gagangnya dilepas"

Baru tuh sob, normal.

=======

Oke, mungkin agan bingung kenapa begitu

Jadi gini sob:

1. Argo cepet itu gak bagus, karena yang keluar angin (menurut temen ane). selisih bisa 2-5 liter. Bayangin kita rugi berapa.
Kalau isi bensin motor mungkin gak kerasa, kalau mobil yang udah ratusan ribu keatas pasti mereke "bermain".

2. Gagang dipegang itu juga gak bagus, karena dia bisa ngatur speed semprotan bensinnya

Info:
Speed terdiri dari 3 gigi. Makin tinggi makin cepet.

Maka dari itu ane minta "tolong speed 1 dan gagangnya dilepas"

=======

Buat Anda pegawai spbu yang ngerasa "cari uang lebih" dengan cara begini, tolonglah, Anda boleh ambil untung seperlunya aja.

Gak usah sampai beda jauh dari takaran sesungguhnya.
Itu namanya Anda untung, kami buntung.

Gimana kami bisa bangga sama spbu milik negeri sendiri kalau kaminya sendiri pun dicurangi oleh spbu tersebut?

======

Nah sob, jadi udah tau kan kalau argo terlalu cepet itu harus apa dan ngomong apa?

mulai sekarang jangan beranggapan argo cepat di spbu itu bagus anti lelet anti antri ya

Semoga bermanfaat ya sob, infoin ke temen agan kalau sekiranya perlu.

nuhun

======

Original Posted By iswari90 ►ini mah kejadian dari th 2013, cuma banyak yg belom sadar sob
itu nama istilahnya "tembak gigi" sob, nanti saat speed 1 emang bener yg keluar bensin semua, tp saat speed 2 yg keluar bensin campur angin, nah saat speed 3 yg keluar itu angin semua sob

coba deh agan perhatiin (pengendara motor) kalo lg isi bensin kadang gagang selangnya ditekan (pencet) terus kadang dilepas, nah disitulah terjadi kecurangan.

jd bener kata agan ts, kalo mau isi bensin bilang aja speed 1 terus gagang selangnya dilepas(jgn dipegang

====

update

Original Posted By rahmada ►Agak ga fair kalau ente bilang ini kecurangan pegawai SPBU..... Dari caranya, kelihatan kalau trik ini diatur oleh manager atau pemilik spbu. pegawai hanya melakukan perintah. Trik ini tidak bisa menguntungkan pegawai, karena jumlah uang yg masuk tetap tercatat dengan benar di mesin pom. Lain halnya dengan trik nggak memberi uang kembalian atau kembalian kurang, misalnya.

Yang diuntungkan dengan sistem ini tentunya pemilik SPBU, karena jumalh bensin keluar tidak sama dengan jumlah uang didapat.

Jadi agak fair dikit sob... Bilang ini kecurangan SPBU, bukan pegawai SPBU.

Soalnya temen ane bilang itu lebihnya masuk kantong pribadi.
Dia bisa akalin lagi laporan untuk ownernya.
Cmiiw, tapi itu yang dibilang temen ane.

Ane buat thread ini bukan mencari salah siapa-siapanya. Ane buat cuma ingin nambah wawasan agan-agan semua.

Mau selisih itu masuk kantong pemilik spbu atau pegawainya, yang jelas itu bikin rugi kita sebagai konsumen

Terlepas salah siapa yang penting inget argo cepet itu gak bagus alias main curang.

======

Original Posted By rullyhoqqi ►Kalo ane tau dari temen ane yg dikasih tau sama supir taxi..
kalo supir taxi katanya ada spbu tertentu buat ngisi bensinnya soalnya kalo di spbu lain kebanyakan anginnya
saat mengisi full katanya emang waktu masih di spbu jarum bensin full tapi setelah keluar dari spbu jarum bensin turun sampe 2 strip, katanya ada durasi waktu dimana jarum tanda bensin akan turun

disitu kecurangan kemungkinan juga dari sipemilik

saran lebih baik cari yg pemiliknya pertamina

cara membedakannya





untuk kode jakarta depannya 3 dan untuk angka keduanya angka 1 berarti milik pertamina jika angka 4 berarti pribadi

=======

Banyak yang tanya "tau speed 1 2 3 nya gimana"

Jawab:
Susah juga kalau gak ada praktek real langsung

Tapi, Mulai dari selesai baca thread ini, mulai sekarang, tiap isi bensin coba perhatiin argonya.
Pasti tiap spbu (rata-rata) beda.

Ente akan tau sendiri bedanya speed-speed tadi

Kalau dirasa masih tahap wajar ya gak apa-apa. Tapi akan ada saatnya ente nemuin argo yang gak wajar.

Nah pas saat kaya gitu baru ente bilang kalimat sakti tadi

=========

Original Posted By deniz_trians ►nih gw tambahin,
 yg dimaksud TS speed 1, speed 2, dan speed 3
perhatiin gambar nozzle gun nya





di zoom





speed 1 : kecepatan mengalir fluida nya rendah
speed 2 : kecepatan mengalirnya sedang
speed 3 : kecepatan mengalirnya tinggi

biasanya klo petugasnya megangin nozzle, dia tarik pelatuknya (mirip pistol) tanpa mengunci speednya

klo petugas yg melepas gun nya, dia pasti mengunci speednya di posisi tertentu seperti yg gw nomerin.  Mintalah petugas nya utk melepas gun nya dan posisikan pengunci di no. 1





gw bantu jelasin bbrp bagian2 pentingnya :

1 - 3 udah pada tau lah ya

4 & 5. ini sensor otomatis, pernah merhatiin nozzle yg lg ngisiin bensin ke tanki mobil tp dilepas sm petugasnya? pas hampir penuh tuh nozzle bunyi "jeglek" sendiri. itu krn sensor ini mendeteksi fluida sudah mencapai mulut nozzle (2a & 2b) dan aliran fluida otomatis di-stop, yg artinya bensin sudah hampir full tank. makanya setelah itu petugasnya megangin lg tuh nozzle sambil tetap ngisi pelan2 sampai benar-benar penuh (full tank).

10. ini pengatur speed fluida yg mengalir di nozzle, perhatikan di bawahnya ada metal sebagai pengunci speed nya, ini lah yg gw maksud diatas td.

masukin pejwan
*edited

update selanjutnya post 2 ya

Original Source
(Page 1 of 1)

Navigation

Back Sub-Forum